Selasa, 20 November 2012

Mourinho Menjelang Laga ke-100 di Liga Champions


FOTO:Getty Images
Jakarta - Lawatan ke Manchester City di matchday V Liga Champions menandai sebuah capaian khusus untuk Jose Mourinho. Laga tersebut akan menjadi pertandingan ke-100 Mourinho di kompetisi antarklub terbaik Eropa itu.

Laga kontra City akan digelar Kamis (22/11/2012) dinihari WIB di Etihad Stadium. Kemenangan akan memastikan El Real lolos ke babak 16 besar, setelah pada empat pertandingan sebelumnya mengumpulkan poin tujuh hasil dua kemenangan, sekali imbang dan sekali kalah.

Terlepas dari apapun nantinya hasil pertandingan tersebut, Jose Mourinho akan punya raihan spesial karena itu merupakan pertandingan ke-100-nya di Liga Champions. Dikutip dari Marca, pria asal Portugal itu menjadi pelatih kelima yang punya 100 pertandingan di Liga Champions.

Hebatnya, Mourinho akan menjadi pelatih termuda yang mencapai jumlah tersebut, yakni dalam usia 49 tahun. Sir Alex Ferguson mencapai laga ke-100-nya dalam usia 62, Arsene Wenger dan Ottmar Hitzfeld pada usia 58 serta Carlo Ancelotti ketika berumur 51 tahun.

Debut Mourinho sebagai pelatih di Liga Champions terjadi pada 19 Februari 2002 bersama FC Porto. Sejak saat itu dia telah meraih 54 kemenangan, 25 hasil imbang dan 20 kekalahan dengan menciptakan 166 gol dan kemasukan 85 kali. Dalam rangkaian tersebut Mourinho berhasil dua kali menjadi juara, bersama Porto di tahun 2004 dan dengan Inter Milan di 2010.

Statistik mencatat, musim Liga Champions terbaik Mourinho adalah di 2011/2012. Meski gagal masuk final setelah kalah dari Bayern Munich di semifinal, Mourinho mengantar El Real mencatatkan hasil terbaik sepanjang sejarah Liga Champions di fase grup. Total musim lalu Iker Casillas dkk meraih 10 kemenangan, serta masing-masing sekali kalah dan imbang plus menghasilkan 35 gol. Jika dirata-rata, maka Madrid mencetak hampir tiga gol di setiap pertandingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar